11 October 2018

Biodata Lengkap Aamir Khan | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Aamir Khan @ pecintaindia.com

Aamir Khan adalah seorang aktor, sutradara, produser terkenal India, serta pembawa acara TV. Dikenal sebagai salah satu aktor sinema India yang paling menonjol, ia telah memenangkan empat Penghargaan Film Nasional serta sembilan penghargaan Filmfare dalam karirnya sejauh ini. Dia juga meraih nominasi Oscar untuk film 'Lagaan'. Khan, yang merupakan aktor yang diakui secara internasional, telah digambarkan oleh majalah Forbes sebagai "Bintang Film Terbesar di Dunia". Salah satu aktor terlaris Bollywood, hits komersial terbesar Khan termasuk '3 Idiots', 'PK' dan 'Dangal'. Beberapa filmnya telah memegang rekor sebagai film India terlaris sepanjang masa. Salah satu film terbarunya 'Dangal' meraup lebih dari Rs. 2000 crore dengan anggaran hanya Rs. 70 crore. Juga seorang filantropis dan seorang kemanusiaan, Khan telah berpartisipasi dalam berbagai kampanye sosial. Dia menciptakan dan menjadi tuan rumah talk show India 'Satyamev Jayate', di mana dia menyoroti masalah sosial yang penting di India. Pertunjukan ini mendapat popularitas dan apresiasi besar-besaran. Khan mengobarkan kontroversi ketika ia mengungkapkan perasaannya tentang meningkatnya intoleransi di India pada suatu peristiwa. Tidak hanya dia menerima balasan besar untuk komentarnya tetapi gugatan juga diajukan terhadap dirinya dan istrinya. Kemudian dia mengklarifikasi bahwa dia tidak pernah berarti bahwa orang India tidak bertoleransi, dan bahwa komentarnya diambil di luar konteks.

Masa Kecil

Mohammed Aamir Hussain Khan lahir di Mumbai, India, pada 14 Maret 1965 kepada orang tua Tahir Hussain, produser film, dan Zeenat Hussain. Dia adalah sulung dari empat bersaudara. Ia terkait dengan beberapa anggota terkenal Bollywood.

Khan dikenal karena tidak menghadiri upacara penghargaan karena ia percaya bahwa penghargaan India, selain dari Penghargaan Film Nasional, tidak memiliki kredibilitas.

Ia juga tampil dalam dua film sebagai aktor cilik. Sebelum memulai karirnya sebagai aktor profesional, Khan terlibat dalam pembuatan beberapa film.

Karir

Aamir Khan membuat penampilan profesional pertamanya di layar lebar dalam film drama 1984 'Holi'. Khan memainkan peran kecil seorang mahasiswa perguruan tinggi.

Dia selanjutnya memainkan peran utama dalam film romantis 'Qayamat Se Qayamat Tak'. Itu didasarkan pada drama Shakespeare ‘Romeo and Juliet’. Film ini sukses besar, memenangkan Penghargaan Film Nasional dan delapan Penghargaan Filmfare. Ini membawa Khan menjadi terkenal dan memenangkan dia Penghargaan Filmfare untuk Debut Pria Terbaik.

Khan muncul di film thriller kejahatan 1989 'Raakh'. Dia menerima pujian kritis untuk penampilannya dan memenangkan Penghargaan Film Nasional pertamanya. Selama beberapa tahun berikutnya, ia muncul di beberapa film yang tidak sukses seperti 'Love Love Love' dan 'Tum Mere Ho.' Kesuksesan berikutnya adalah film 1990 'Dil'.

Pada awal 1990-an Khan muncul di beberapa film populer seperti 'Dil Hai Ke Manta Nahin' (1991), 'Jo Jeeta Wohi Sikandar' (1992), 'Andaz Apna Apna' (1994), 'Rangeela' (1995) dan ' Akele Hum Akele Tum '(1995). Pada tahun 1996, ia muncul di 'Raja Hindustani', di mana ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik.

Popularitasnya tumbuh dengan perannya dalam beberapa film hit seperti 'Earth (1998),' Sarfarosh '(1999) dan' Mela '(2000). Dia menghasilkan dan memainkan peran utama dalam film 2001 'Lagaan'. Film ini sukses besar, menerima pengakuan internasional dan memenangkan banyak penghargaan. Ini meraih nominasi Oscar untuk 'Film Berbahasa Asing Terbaik'. Ia juga memenangkan Khan, memenangkan Filmfare Award kedua untuk Aktor Terbaik.
Setelah karyanya dalam film hit 'Dil Chahta Hai', Khan beristirahat selama empat tahun dari Bollywood. Dia membuat comeback-nya di film 2005 'Mangal Pandey: The Rising' memainkan peran tituler. Film ini tentang seorang revolusioner India yang memicu Pemberontakan India tahun 1857.

Penampilan berikutnya adalah di film 2006 'Rang De Basanti' yang diakui secara kritis. Ini membuatnya mendapatkan Penghargaan Kritikal Filmfare untuk Aktor Terbaik. Film ini adalah entri resmi India ke Oscar, meskipun tidak mendapat nominasi.

Setelah perannya sebagai karakter negatif dalam film 2006 'Fanaa', Khan membuat debut penyutradaraannya dengan film drama 2007 'Taare Zameen Par'. Itu mendapatkan banyak popularitas dan apresiasi. Film ini memenangkannya Penghargaan Film Nasional dan dua Penghargaan Filmfare.

Aamir Khan kemudian memainkan peran utama dalam film thriller aksi tahun 2008 'Ghajini'. Film ini terinspirasi oleh film terkenal Christopher Nolan, 'Memento'. Itu adalah kesuksesan komersial. Film berikutnya ‘3 Idiots’ juga sangat populer. Ini meraih popularitas internasional dan memenangkan tiga Penghargaan Film Nasional dan enam Penghargaan Filmfare.

Karya penting berikutnya adalah ‘Talaash: The Answer Lies Within’, sebuah film horor dimana dia memainkan peran utama. Film berikutnya ‘Dhoom 3’, di mana ia terlihat dalam peran ganda, adalah film terlaris tertinggi tahun 2013. Sejak 2012, ia juga menjadi pembawa acara talk show populer ‘Satyamev Jayate’.

Dia memerankan alien di film komedi sci-fi 2014 ‘PK’. Film ini sukses besar secara kritis dan komersial. Film berikutnya 'Dangal', yang dirilis pada tahun 2016, juga sukses, dan sejauh ini film terlaris dalam sejarah sinema India. Ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik. Pada 2017, ia memainkan peran pendukung dalam film 'Superstar Rahasia'.

Karya

'Lagaan' (Perpajakan), film drama olahraga tahun 2001 adalah salah satu karya Aamir Khan yang paling sukses. Film ini disutradarai oleh Ashutosh Gowariker dan diproduksi oleh Khan sendiri. Khan juga memainkan peran utama dalam film tersebut. Kisah itu dibuat pada masa ketika India berada di bawah kekuasaan kolonial. Itu berputar di sekitar beberapa penduduk desa yang ditantang untuk permainan kriket untuk menghindari pajak yang tinggi. Film ini sukses besar secara internasional, memenangkan beberapa penghargaan. Itu juga dinominasikan untuk Oscar.

Pekerjaan penting lainnya dalam karir Aamir Khan adalah film drama India 'Rang De Basanti' tahun 2006. Film ini disutradarai oleh Rakeysh Omprakash Mehra dan dibintangi Khan di salah satu peran utama. Film ini, setelah dirilis, menjadi film India terlaris sepanjang masa. Ini berkisar pada seorang pembuat film Inggris yang mencoba untuk membuat film tentang perjuangan kemerdekaan India dengan lima pemuda. Film ini memenangkan empat Penghargaan Film Nasional. Ini juga mendapat nominasi untuk 'Penghargaan Film Akademi Inggris'.

Karya Khan yang paling populer dan sukses termasuk film drama komedi 2009 '3 Idiots'. Disutradarai oleh Rajkumar Hirani, film ini dikenal karena kritiknya terhadap sistem pendidikan India. Terinspirasi oleh novel ‘5 Point Someone’ oleh Chetan Bhagat, film ini berputar di sekitar perjuangan tiga teman dekat di sebuah institut teknik. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus. Ini menjadi film India terlaris sepanjang masa dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk Five Filmfare Awards.

‘PK’, film komedi sci-fi satir 2014 adalah salah satu karya paling populer dari Aamir Khan. Film ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Itu tentang alien yang datang ke Bumi untuk tujuan penelitian dan kehilangan remote-nya, satu-satunya cara untuk kembali ke planetnya. Dalam proses menemukan remote-nya, dia mempertanyakan dogma-dogma agama dan takhayul. Film ini sukses besar secara komersial dan kritis. Namun, itu mengundang kontroversi karena kritiknya terhadap agama yang terorganisasi.

Penghargaan

Aamir Khan telah memenangkan total empat Penghargaan Film Nasional untuk filmnya 'Qayamat se Qayamat Tak', 'Lagaan', 'Kegilaan di Gurun' dan 'Taare Zameen Par'. Penghargaan lain yang dimenangkannya termasuk sembilan Penghargaan Filmfare.

Filmnya ‘Lagaan’ meraih nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.
Dia telah memenangkan banyak penghargaan lain dalam karirnya seperti ‘Penghargaan Film Bollywood’ dan ‘Penghargaan Film India Internasional Academy’.

Dia dihormati dengan Padma Shree dan Padma Bhushan, penghargaan sipil tertinggi keempat dan ketiga di India, masing-masing pada tahun 2003 dan 2010.

Pada 2013, majalah TIME mendaftarkannya sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia.

Kehidupan pribadi

Aamir Khan menikah dengan Reena Dutta dari tahun 1986 hingga 2002. Mereka memiliki dua anak, Junaid dan Ira.

Dia menikahi Kiran Rao, produser film, penulis skenario, dan sutradara, pada tahun 2005. Mereka memiliki satu putra, Azad, yang lahir dari ibu pengganti.

Aamir Khan menjadi vegan pada tahun 2015, sebagian besar karena alasan kesehatan, setelah terinspirasi oleh istrinya.

Dia menyalakan kontroversi besar pada tahun 2015 setelah menyatakan pandangannya tentang meningkatnya intoleransi di India. Dia menerima serangan balasan besar, terutama dari nasionalis agresif India, yang dia tanggapi bahwa mereka hanya membuktikan maksudnya.

Kemudian, dalam sebuah wawancara, dia menjelaskan bahwa dia tidak pernah bermaksud mengatakan bahwa India, sebagai negara tidak toleran. Dia mengatakan bahwa kata-katanya salah ditafsirkan oleh media dan orang-orang dengan cepat menghakiminya tanpa menonton wawancara yang sebenarnya.

Ia juga dikenal karena kontribusinya terhadap masalah kemanusiaan. Dia ditunjuk oleh UNICEF pada 2011 untuk mempromosikan nutrisi anak.

Film

Holi (1984)
Qayamat Se Qayamat Tak (1988)
Dil (1990)
Dil Hai Ki Manta Nahin (1991)
Isi ka Naam Zindagi (1992)
Jo Jeeta Wohi Sikander (1992)
Raja Hindustani (1996)
Ishq (1997)
Ghulam (1998)
Earth (1998)
Sarfarosh (1999)
Mann (1999)
Lagaan (2001)
Dil Chahta Hai (2001)
Fanaa (2006)
Taare Zameen Par (2007)
Ghajini (2008)
3 Idiots (2009)
Dhobi Ghat (2011)
Delhi Belly (2011)
Dhoom 3 (2013)
PK (2014)
Dangal (2016)
Secret Superstar (2017)
Thugs of Hindustan (2018)

No comments:

Post a Comment