09 October 2018

Biodata Lengkap Aishwarya Rai | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Aishwarya Rai @ pecintaindia.com

Aishwarya Rai, sekarang disebut Aishwarya Rai Bachchan setelah pernikahannya, adalah model dan aktris India. Dia pertama kali menjadi terkenal di dunia internasional setelah memenangkan kontes Miss World 1994. Setelah pemodelan selama beberapa tahun, ia masuk ke industri film sebagai aktris. Melalui bakat kecantikan dan aktingnya, ia telah membuat posisi terhormat untuk dirinya sendiri di industri film Hindi. Memegang dua Penghargaan Filmfare dan juga Padma Shri dari Pemerintah India, dia telah dinamai oleh media India dan internasional sebagai "wanita tercantik di dunia". Dia masuk ke industri film dengan hampir tidak ada pengalaman akting, tetapi dengan pengalaman setiap tahun, dan dengan bimbingan dari direktur yang berpengalaman, dia telah muncul sebagai salah satu aktris terbaik Bollywood. Rai membuat debut filmnya dalam film Tamil Mani Ratnam 'Iruvar,' dan setelah dua tahun ia menarik perhatian Bollywood dengan film 'Hum Dil De Chuke Sanam'. Meskipun beberapa filmnya tidak berkinerja baik secara komersial dan dia telah dikritik karena penampilannya di beberapa filmnya, dia harus memuji pertunjukan briliannya dalam film seperti 'Hum Dil De Chuke Sanam', 'Devdas', 'Jodha Akbar' , 'Chokher Bali', dan 'Raincoat.' Dia adalah aktris India pertama yang menjadi anggota juri di Festival Film Cannes.

Masa Kecil

Aishwarya Rai lahir pada tanggal 1 November 1973, menjadi keluarga berbahasa Tulu di Mangalore, Karnataka, ke Krishnaraj dan Brinda Rai. Ayahnya adalah seorang ahli biologi Angkatan Darat yang meninggal pada 18 Maret 2017. Kakaknya, Aditya Rai, berada di angkatan laut pedagang.

Ketika keluarga pindah ke Mumbai, Rai menghadiri Sekolah Tinggi Arya Vidya Mandir. Dia kemudian pergi ke Jai Hind College selama setahun, dan kemudian bergabung dengan DG Ruparel College di Matunga. Dia mendapat 90 persen dalam ujian menengah.

Selama remaja, dia belajar tari dan musik klasik selama lima tahun. Awalnya ia bercita-cita menjadi arsitek, dan terdaftar di Akademi Arsitektur Rachana Sansad. Namun, ia melepaskan studinya untuk mengejar karir di dunia modelling.

Karir

Pada tahun 1993, Aishwarya Rai meraih ketenaran di industri pemodelan untuk penampilannya dalam iklan Pepsi dengan aktor Aamir Khan. Terobosan dalam karirnya datang pada tahun 1994, ketika ia memenangkan tempat kedua dalam kontes Miss India, dan dinobatkan sebagai Miss India World. Dia kemudian mewakili India di Miss World Pageant, dan memenangkan mahkota.

Pada tahun 1997, ia membuat debut aktingnya dengan film Tamil Mani Ratnam 'Iruvar'. Dia menggambarkan Pushpavalli dan Kalpana. Pada tahun yang sama, ia melakukan debut film Bollywood-nya 'Aur Pyaar Ho Gaya'.

Pada tahun 1998, ia muncul dalam film Tamil ‘Jeans’. Film ini sukses secara komersial, dan dia mendapat pujian karena kemampuan akting dan tariannya. Film Hindi pertama yang sukses di Rai adalah drama romantis Sanjay Leela Bhansali 'Hum Dil De Chuke Sanam' pada tahun 1999, di seberang Salman Khan dan Ajay Devgan. Dia dipuji karena kecantikan dan kemampuan aktingnya, dan itu mendorong karir aktingnya ke arah yang benar.

Pukulan berikutnya adalah "Taal" Subhash Ghai pada tahun 1999, di mana ia ditampilkan bersama dengan Akshaye Khanna dan Anil Kapoor. Dia dipuji karena kemampuan akting dan tariannya. Pada tahun 2000, ia membintangi film Tamil ‘Kandukondain Kandukondain’, yang mendapat komentar positif atas aktingnya yang kuat.

Pada tahun 2000, dia melakukan 'Josh' bersama Shah Rukh Khan dan Chandrachur Singh. Film ini mendapatkan tinjauan yang beragam, tetapi muncul secara komersial sukses. Setelah filmnya 'Dhai Akshar Prem Ke' di seberang Abhishek Bachchan gagal pada tahun 2000, ia muncul dalam peran pendukung di 'Mohabbatein' di tahun yang sama.

Setelah film gagal lainnya, ‘Hum Kisise Kum Nahin’, film hit Rai berikutnya adalah lagu cinta Sanjay Leela Bhansali ‘Devdas’ pada tahun 2002, berlawanan dengan Shahrukh Khan. Film ini diputar di Festival Film Cannes. Bakat akting Rai dan penampilan sempurna mendapat pujian.

Pada tahun 2003, kemampuan aktingnya dan kehadiran sensualnya sekali lagi dipuji dalam film Bengali Rituparno Ghosh 'Chokher Bali', berdasarkan novel Rabindranath Tagore dengan nama yang sama. Secara komersial, juga, film itu menjadi hit.

Pada tahun 2004, ia kembali ke film Hindi dengan ‘Khakee’, sebuah film thriller aksi. Dia memainkan peran sebagai moll gun. Film ini meraih kesuksesan komersial dan kritis yang moderat. Pada tahun yang sama, dia ditampilkan di ‘Kyun! Ho Gaya Na ... 'berlawanan dengan Vivek Oberoi. Film ini gagal secara komersial.

Pada akhir 2004, Aishwarya Rai mendapat pengakuan internasional untuk perannya dalam film Inggris Gurinder Chadha 'Bride and Prejudice'. Film ini sukses secara komersial. Film hit Hindi berikutnya adalah "Raincoat" milik Rituparno Ghosh. Film ini memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi. Dia dipuji karena tampak tidak menarik, namun penuh emosi dengan wajah dan matanya, khususnya.

Pada tahun 2005, ia tampil di ‘Shabd’, di mana ia dipuji karena penampilannya yang cantik. Satu-satunya usaha yang sukses di tahun itu adalah penampilan spesial di ‘Bunty Aur Babli’, di mana dia tampil di nomor item ‘Kajra Re.’

Pada tahun 2006, ia memiliki dua rilis film - 'Umrao Jaan' dan 'Dhoom 2'. Sementara peran Rai di Umrao Jaan diakui secara kritis, 'Dhoom 2' adalah kesuksesan komersial pertamanya sejak Devdas. Dia juga membintangi film drama Inggris 'Provoked', yang dia dapatkan komentar positif untuk penampilannya.

Pada tahun 2007, ia ditampilkan dalam 'Guru' Mani Ratnam. Film ini mendapat pengakuan internasional, dan sukses. Rai sangat dipuji karena penampilannya yang terbaik. Setelah serangkaian film yang gagal, ia meraih sukses di ‘Jodhaa Akbar’ pada 2008. Dia dipuji karena penampilannya yang luar biasa. Pada tahun yang sama, ia membintangi dengan suami Abhishek, dan ayah mertua, Amitabh Bachchan, di ‘Sarkar Raj’.

Pada tahun 2009, ia tampil di ‘The Pink Panther 2’, di mana ia memerankan seorang ahli kriminologi. Pada tahun 2010, Rai membintangi adaptasi dwibahasa sehari-hari Mani Ratnam, yang disebut 'Raavan'. Penampilannya dipuji sebagai "tulus".

Perannya berikutnya adalah sebaliknya India selatan superstar Rajinikanth dalam film fiksi ilmiah Tamil 'Enthiran' pada tahun 2010. Itu adalah film yang sukses. Dia muncul di drama Sanjay Leela Bhansali ‘Guzaarish’. Meskipun film itu gagal, para kritikus menggambarkan penampilannya sebagai yang terbaik. Setelah film ini, dia beristirahat dari Bollywood karena kehamilannya.

Pada 2015, dia membuat comeback dengan 'Jazbaa'. Menurut para kritikus, film ini hanya berhasil karena penampilan Rai. Pada 2016, ia muncul dalam film biografis ‘Sarbjit’; Namun, penampilannya sebagian besar dikritik. Rilisan terakhir Rai pada 2016 adalah 'Ae Dil Hai Mushkil' milik Karan Johar, di mana dia menerima komentar positif untuk penampilannya.

Karya

Beberapa karya utama Aishwarya Rai di mana kemampuan aktingnya dipuji adalah 'Hum Dil De Chuke Sanam', 'Taal' dan 'Devdas.' Dua filmnya bersama sutradara Bengali Rituparno Ghosh -'Chokher Bali 'dan' Raincoat' — diperoleh tepuk tangannya dari para kritikus. Penampilannya di 'Jodhaa Akbar' juga diakui secara kritis.

Keluarga

Detail keluarga
Ayah: Krishnaraj Rai
Ibu: Brindya Rai
Pasangan: Abhishek Bachchan
Putri: Aaradhya Bachchan
Saudara: Aditya Rai
Ayah Mertua: Amitabh Bachchan
Ibu Mertua: Jaya Bachchan
Suster Mertua: Shweta Bachchan

Film

1999 Hum Dil De Chuke Sanam
1999 Taal
2002 Devdas
2003 Chokher Bali
2004 Raincoat
2004 Bride & Prejudice
2006 Dhoom 2
2008 Jodhaa Akbar
2010 Enthiran (Tamil)
2010 Guzaarish
2015 Jazbaa
2016 Sarbjit
2016 Ae Dil Hai Mushkil

No comments:

Post a Comment