09 October 2018

Biodata Lengkap Kajol | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Kajol @ pecintaindia.com
Biodata Lengkap KajolKajol Mukherjee, juga dikenal dengan nama pernikahannya, Kajol Devgan, adalah aktris film terkenal India yang dikenal sebagian besar karena karyanya di bioskop Hindi. Selama karirnya sejauh ini, ia telah memenangkan enam penghargaan Filmfare, dan juga telah berhasil menjadi salah satu aktris film Bollywood yang paling dikenal dan dibayar paling tinggi. Kajol membuat debut filmnya dengan film 'Bekhudi'. Tak lama setelah itu, ia muncul di film thriller kejahatan 'Baazigar', yang menjadi sukses komersial besar. Beberapa filmnya yang paling populer termasuk 'Dilwale Dulhania Le Jayenge', 'Kabhi Khushi Kabhi Gham', 'Kuch Kuch Hota Hai', 'Fanaa', dan 'My Name Khan'. Mengingat kontribusinya untuk sinema India, Kajol telah dianugerahi dengan Padma Shri, kehormatan sipil tertinggi keempat di India. Meskipun karirnya sangat sukses, dia bukan tanpa pengkritiknya. Dia dikenal karena gambarnya yang tidak biasa, yang tidak seperti artis film khas Hindi. Kurangnya minatnya dalam mempertahankan penampilannya dengan pelangsingan atau perawatan telah dikritik di media.

Masa Kecil Kajol

Kajol lahir pada tanggal 5 Agustus 1974 di Mumbai, India ke Shomu dan Tanuja Mukherjee. Ibunya adalah seorang aktris sementara ayahnya adalah seorang sutradara dan produser film. Kajol memiliki saudara perempuan Tanisha Mukherjee, yang juga akhirnya menjadi aktris.

Menurut Kajol, dia dulunya sangat nakal dan keras kepala sebagai seorang anak. Kajol menghadiri sekolah asrama St. Joseph Convent di Panchgani, sebuah stasiun bukit terkenal di India. Kajol juga terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti menari. Kajol mulai berakting untuk film 'Bekhudi' ketika dia berusia enam belas tahun. Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti sekolah untuk mengejar karir penuh waktu di dunia akting.

Karir

Kajol membuat debut filmnya di drama romantis 1992 'Bekhudi' di mana ibunya Tanuja memainkan ibu layar nya juga. Meskipun film tersebut tidak terlalu bagus secara komersial, film berikutnya 'Baazigar,' film thriller kejahatan yang disutradarai oleh Abbas Mustan, adalah hit komersial besar. Film ini juga memenangkan empat penghargaan Filmfare.

Kajol terus muncul dalam film-film hit seperti 'Udhaar ki Zindagi' (1994), 'Yeh Dillagi' (1994), dan 'Karan Arjun' (1995). Pada tahun 1995 ia juga muncul di 'Dilwale Dulhania Le Jayenge', yang menjadi tidak hanya keberhasilan terbesar tahun ini tetapi juga salah satu film India paling populer dan sukses sepanjang masa. Penampilan Kajol sangat dihargai dan dia memenangkan Penghargaan Filmfare pertamanya untuk Aktris Terbaik.

Pada tahun 1997, Kajol menggambarkan seorang pembunuh psikopat dan kekasih obsesif, dalam 'Gupt: The Hidden Truth'. Film, yang juga dibintangi oleh Bobby Deol dan Manisha Koirala, menjadi hit komersial besar. Dia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Kinerja Terbaik dalam Peran Negatif, menjadi aktris pertama yang memenangkan penghargaan.

Setelah muncul dalam film seperti 'Pyaar Kiya ke Darna Kya', 'Dushman', dan 'Pyaar ke Hona Hi Tha', Kajol akhirnya mencapai puncak karirnya pada tahun 1998, setelah Kajol memainkan peran utama dalam 'Kuch Kuch Hota Hai 'drama romantis yang menjadi salah satu film paling populer di bioskop India. Itu juga melanjutkan untuk menerima status kultus. Film ini memenangkan Kajol Filmfare Award keduanya untuk 'Aktris Terbaik'.

Selama bertahun-tahun, Kajol muncul dalam beberapa film yang gagal juga, seperti 'Dil Kya Kare' (1999) dan 'Hote Hote Pyaar Ho Gaya' (1999). Pada tahun 2000, ia muncul bersama suaminya Ajay Devgn di ‘Raju Chacha’, film aksi yang merupakan film India paling mahal yang pernah ada pada saat itu. Namun, film itu gagal di box office, dan juga mendapat ulasan negatif dari para kritikus.

Pada tahun 2001, Kajol memainkan peran utama dalam drama keluarga India ‘Kabhi Khushi Kabhi Gham…’. Film ini dibintangi beberapa bintang lain seperti Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Shah Rukh Khan, Hrithik Roshan dan Kareena Kapoor. Film itu tidak hanya hit komersial, tetapi juga menjadi blockbuster. Menyusul kesuksesan film, Kajol memutuskan untuk mengambil cuti panjang.

Kajol membuat comeback pada tahun 2006 dengan film thriller romantis ‘Fanaa’. Film, yang disutradarai oleh Kunal Kohli, adalah sukses komersial besar. Penampilannya dihargai oleh para kritikus dan penonton.

Kajol selanjutnya terlihat dalam drama romantis 2008 'U, Me, Aur Hun', yang disutradarai oleh suaminya Ajay Devgn, yang juga memainkan peran utama. Kajol mendapatkan nominasi untuk 'Penghargaan Filmfare' untuk Aktris Terbaik. Namun, film ini gagal menjadi sukses besar.
Pada tahun 2010, ia muncul di drama romantis ‘My Name is Khan’, yang menjadi salah satu film Bollywood terlaris sepanjang masa. Disutradarai oleh Karan Johar, film ini mendapatkan popularitas besar di seluruh dunia.

Kajol terbaru terlihat dalam film romantis India '‘Dilwale’. Film ini berjalan dengan baik secara komersial, dan mendapat ulasan beragam,

Karya Kajol

Dilwale Dulhania Le Jayenge,’ yang merupakan salah satu film Hindi paling sukses yang pernah ada, juga merupakan salah satu karya utama Kajol. Disutradarai oleh Aditya Chopra, filmnya berputar di sekitar Raj dan Simran, yang digambarkan oleh Shahrukh Khan dan Kajol, yang jatuh cinta. Namun, keluarga Simran menentang pernikahan mereka, karena ayahnya telah menjanjikan tangannya kepada putra temannya sejak lama. Ini menjadi film India terlaris tertinggi tahun 1995, dan memenangkan total sepuluh penghargaan Filmfare.

Satu lagi di antara karya-karya Kajol yang paling sukses adalah komedi romantis ‘Kuch Kuch Hota Hai’. Disutradarai oleh Karan Johar, film ini mendapatkan popularitas besar di seluruh India dan juga menjadi film India terlaris tertinggi tahun ini. Film ini menceritakan kisah seorang gadis muda yang mencoba untuk menyatukan kembali janda ayahnya dengan mantan sahabatnya yang diam-diam jatuh cinta padanya. Film ini memenangkan delapan penghargaan Filmfare. Itu juga bertemu dengan ulasan positif dari para kritikus.

Peran Kajol di ‘Fanaa’, film thriller romantis juga dihargai. Film, yang disutradarai oleh Kunal Kohli, menggambarkan dirinya sebagai seorang gadis buta dari Kashmir yang jatuh cinta dengan seorang teroris, yang digambarkan oleh Aamir Khan. Kajol memenangkan Penghargaan Filmfare untuk 'Aktris Terbaik' untuk peran ini. Film ini menerima sebagian besar ulasan positif.

'Nama Saya Khan' adalah salah satu karya Kajol yang paling signifikan. Disutradarai oleh Karan Johar, film ini dibintangi Kajol dalam peran utama bersama dengan aktor veteran Shahrukh Khan. Khan menggambarkan seorang pria Muslim yang tidak bersalah bernama Rizwan, yang menetapkan misi untuk membuktikan kepada orang-orang di AS bahwa semua Muslim bukan teroris. Film ini sebagian besar mendapat ulasan positif, dan juga sukses komersial besar. Kajol kembali memenangkan Penghargaan Filmfare untuk 'Aktris Terbaik' untuk penampilannya.

Penghargaan / Awards Kajol

Kajol telah menerima total enam Penghargaan Filmfare dalam karirnya sejauh ini. Kajol telah memenangkan lima Penghargaan Filmfare untuk 'Aktris Terbaik' untuk penampilannya yang luar biasa di 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' (1995), 'Kuch Kuch Hota Hai' (1998), 'Kabhi Khushi Kabhi Gham…' (2001), 'Fanaa' (2006) dan 'My Name is Khan' (2010). Dia juga memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Kinerja Terbaik dalam Peran Negatif untuk film 'Gup: The Hidden Truth' (1997).

Kajol juga menerima banyak penghargaan lainnya, seperti 'Star Screen Award' untuk Aktris Terbaik untuk perannya di 'Dushman' pada tahun 1999, dan 'IIFA Aktris Terbaik Award' untuk perannya di 'Kabhi Khushi Kabhi Gham…' pada tahun 2002.

Pada tahun 2011, Kajol dianugerahi Padma Shri, yang merupakan kehormatan sipil tertinggi keempat di India.

Kehidupan Pribadi Kajol

Kajol menikah dengan aktor Bollywood populer, Ajay Devgn, pada tahun 1999. Pasangan ini memiliki dua anak, seorang putri, Nysa (lahir 2003) dan seorang putra, Yug (lahir 2010).

Selain akting, Kajol juga dikenal karena karya sosialnya. Upaya amalnya telah memberinya penghargaan prestisius 'Karmaveer Puraskaar'. Kajol terlibat dengan Shiksha, sebuah LSM yang dikenal untuk mempromosikan pendidikan di antara anak-anak. Dia juga ditunjuk sebagai duta merek dari organisasi amal anak-anak bernama Pratham.

Film Kajol

Bekhudi - 1992
Baazigar - 1993
Udhaar Ki Zindagi - 1994
Yeh Dillagi - 1994
Karan Arjun - 1995
Taaqat - 1995
Hulchul - 1995
Gundaraj - 1995
Dilwale Dulhania Le Jayenge - 1995
Bambai Ka Babu - 1996
Gupt: The Hidden Truth - 1997
Hameshaa - 1997
Minsara Kanavu - 1997
Ishq - 1997
Pyaar Kiya To Darna Kya - 1998
Duplicate - 1998
Dushman - 1998
Pyaar To Hona Hi Tha - 1998
Kuch Kuch Hota Hai - 1998
Dil Kya Kare - 1999
Hum Aapke Dil Mein Rehte Hain - 1999
Hote Hote Pyar Ho Gaya - 1999
Raju Chacha - 2000
Kuch Khatti Kuch Meethi - 2001
Kabhi Khushi Kabhie Gham... - 2001
Kal Ho Naa Ho - 2003
Fanaa - 2006
Kabhi Alvida Naa Kehna - 2006
Om Shanti Om - 2007
U Me Aur Hum - 2008
Haal–e–dil - 2008
Rab Ne Bana Di Jodi - 2008
My Name Is Khan - 2010
We Are Family - 2010
Toonpur Ka Super Hero - 2010
Student of the Year - 2012
Dilwale - 2015
Velaiilla Pattadhari 2 - 2017
Zero - 2018
Eela - 2018

No comments:

Post a Comment