11 October 2018

Biodata Lengkap Ranbir Kapoor | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Ranbir Kapoor @ pecintaindia.com

Ranbir Kapoor adalah seorang aktor dan produser India yang terkenal dengan film hit, seperti 'Rockstar' dan 'Barfi'. Putra aktor Bollywood populer Rishi Kapoor dan Neetu Singh, ia membuat debut filmnya dengan film romantis 'Saawariya' yang tragis. Film ini memberinya penghargaan Filmfare untuk Debut Pria Terbaik. Namun itu gagal di box office. Tak gentar dengan kegagalan awalnya, dia fokus pada karirnya. Selama beberapa tahun berikutnya, ia muncul di beberapa film yang sukses, seperti 'Rajneeti', 'Rockstar', 'Barfi!' dan ‘Yeh Jawaani Hain Deewani '. Dia juga membuat penampilan cameo di film 2014 'PK' yang menjadi hit besar di seluruh dunia dan akhirnya menjadi film India terlaris ketiga sepanjang masa. Kapoor, yang tidak diragukan lagi salah satu aktor paling terkenal Bollywood, juga telah memenangkan banyak penghargaan dalam karirnya, termasuk lima penghargaan Filmfare. Selain bertindak, ia juga dikenal karena kontribusinya untuk kegiatan amal dan penyebab. Penggemar sepakbola, ia adalah wakil kapten All Stars Football Club, klub sepakbola selebriti yang membantu mengumpulkan uang untuk amal. Dia juga menyumbang untuk organisasi lingkungan. Dia juga membantu mengumpulkan dana untuk para korban gempa Nepal April 2015 yang menewaskan hampir 9000 orang.

Masa Kecil

Ranbir Kapoor lahir pada 28 September 1982 di Mumbai, India. Orang tuanya, Rishi Kapoor dan Neetu Singh, keduanya aktor terkenal di Bollywood. Dia adalah cucu dari Prithviraj Kapoor, pelopor film India, dan cucu Raj Kapoor, seorang aktor dan sutradara film India yang terkenal.

Kapoor belajar di Bombay Scottish School yang terletak di dekat Mahim di Mumbai. Namun, dia tidak terlalu banyak menjadi akademisi. Dia memiliki masa kecil yang sulit karena pernikahan orang tuanya yang bermasalah. Dia tidak memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya saat tumbuh dewasa.

Setelah melewati ujian standar kesepuluh, dia bekerja sebagai asisten direktur dalam debut sutradara ayahnya 'Aa ab Laut Chale' selama periode mana hubungannya dengan ayahnya membaik.

Ia menyelesaikan studi pra-universitasnya dari Sekolah Tinggi Perdagangan dan Ekonomi HR, setelah itu ia pergi ke New York untuk menghadiri Sekolah Seni Rupa di mana ia belajar pembuatan film. Setelah kembali ke India, dia bekerja sebagai asisten sutradara di 'Black', sebuah film drama India yang sukses besar.

Meskipun pengalamannya cukup sulit karena ia harus bekerja berjam-jam, ia kemudian menyatakan bahwa ia telah bekerja dalam film itu berharap itu akan membuat Bhansali memberinya pekerjaan akting dalam film yang akan datang.

Karya

Dua tahun setelah rilis 'Black,' Ranbir Kapoor muncul sebagai tokoh protagonis dalam tragedi romantis Bhansali 'Saawariya' pada 2007. Meskipun film itu tidak begitu sukses, film ini memenangkannya Filmfare Award untuk 'Best Male Debut'. Dia memainkan kekasih wanita yang obsesif yang sedang menunggu pria lain yang dicintainya.
Tahun berikutnya, ia muncul dalam peran utama dalam ‘Bachna Ae Haseeno 'drama romantis yang disutradarai oleh Siddharth Anand. Film, di mana Kapoor memainkan seorang mata keranjang, ternyata menjadi sukses komersial.

Pada tahun 2009, ia memainkan peran utama dalam 'Bangun Sid!' drama komedi romantis yang disutradarai oleh Ayan Mukherjee. Film ini menggambarkannya sebagai anak kaya manja yang mengalami perubahan kepribadian setelah ia mulai hidup bersama Ayesha, seorang penulis dan jurnalis yang bercita-cita tinggi. Meskipun film ini menggambarkan hubungan romantis antara pria yang lebih muda dan wanita yang lebih tua, yang cukup tidak biasa di Bollywood, film ini akhirnya menjadi hit.

Pada tahun yang sama, ia memainkan peran utama dalam 'Ajab Prem Ki Ghazab Kahani', yang akhirnya menjadi film terlaris keempat tertinggi tahun ini. Dia juga muncul di film lain pada tahun yang sama - 'Rocket Singh: Salesman of the Year' — di mana dia menggambarkan seorang sardar yang adalah seorang calon salesman.

Setelah tampil di beberapa film seperti 'Raajneeti' (2010) dan 'Rockstar' (2011), ia memainkan peran utama dalam 'Barfi!' pada tahun 2012 yang merupakan salah satu film terlaris tahun ini. Cerita ini berputar di sekitar seorang anak Nepal yang bisu dan tuli dari Darjeeling dan hubungannya dengan dua wanita. Film ini menjadi entri resmi India untuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Namun gagal mendapatkan nominasi.

Perannya dalam drama komedi 2013 'Yeh Jawaani Hai Deewani' juga cukup dihargai. Disutradarai oleh Ayan Mukherjee, film ini sukses komersial besar, menjadi salah satu film India terlaris tertinggi tahun ini. Film ini mendapatkan nominasi Filmfare Award untuk 'Aktor Terbaik'.

Dia terbaru terlihat dalam film seperti 'Roy' (2015), 'Ae Dil Hai Mushkil' (2016), 'Jagga Jasoos' (2017), dan 'Sanju' (2018).

Karya

Ranbir Kapoor memainkan salah satu peran utama dalam "Raajneeti", sebuah thriller kejahatan politik, yang dirilis pada tahun 2010. Bersama dengan Kapoor, film ini dibintangi beberapa aktor populer lainnya seperti Ajay Devgn, Nana Patekar, Arjun Rampal, Naseeruddin Shah, Katrina Kaif dan Manoj Bajpayee, film ini berhasil menjadi salah satu film terlaris tertinggi tahun ini, meskipun mengobarkan beberapa kontroversi.Kinerja brilian Kapoor memenangkannya nominasi Filmfare Award untuk Aktor Terbaik.

Drama komedi India 2012 'Barfi!' tidak diragukan lagi di antara karya-karya Kapoor yang paling sukses. Film ini menceritakan kisah seorang anak bisu dan tuli nakal, yang digambarkan oleh Kapoor. Cerita ini mengikuti hubungannya dengan dua wanita yang digambarkan oleh Priyanka Chopra dan Ileana D'Cruz. Film itu sukses besar. Ini menjadi salah satu film India terlaris tertinggi tahun ini, dan juga dinominasikan untuk tiga belas Penghargaan Filmfare, dari mana ia memenangkan tujuh.

'Yeh Jawaani Hai Deewani' adalah salah satu karya terpenting Kapoor dalam karirnya. Film ini berkisah tentang hubungan antara seorang pria yang tampan dan tampan, Kabir, yang ingin menjelajahi dunia, dan seorang mahasiswa kedokteran yang kutu buku, Naina, yang diperankan oleh Deepika Padukone. Film ini sukses besar. Tidak hanya menjadi salah satu film Bollywood terlaris di seluruh dunia, tetapi juga meraih beberapa penghargaan Filmfare.

Penghargaan

Ranbir Kapoor telah memenangkan total lima penghargaan Filmfare dalam karirnya sejauh ini. Ia memenangkan Filmfare Award untuk 'Best Male Debut' untuk penampilannya di 'Saawariya' pada tahun 2007 dan Filmfare Critics Award untuk 'Aktor Terbaik' untuk 'Wake Up Sid,' 'Ajab Prem Ki Ghazab Kahani' dan 'Rocket Singh: Salesman Tahun ini secara bersama-sama pada tahun 2009.

Dia kembali memenangkan Penghargaan Filmfare untuk 'Aktor Terbaik' untuk perannya di 'Rockstar' pada tahun 2011 dan 'Barfi!' pada tahun 2012. Kapoor telah memenangkan beberapa penghargaan lainnya, seperti Screen Award dan penghargaan IIFA.

Pasangan

Ranbir Kapoor sedang menjalin hubungan dengan aktris Deepika Padukone dari tahun 2008 hingga 2009. Pada tahun 2009, ia mulai berkencan dengan aktris, Katrina Kaif, dan mereka berdua menjalin hubungan selama lebih dari enam tahun, sampai mereka putus pada tahun 2016. Saat ini, dia dilaporkan menjalin kasih dengan Alia Bhatt.

Keluarga

Nama Ayah: Rishi Kapoor
Nama Ibu: Neetu Kapoor (Singh)
Nama adik: Riddhima Kapoor Sahni
Kakek: Raj Kapoor
Saudara: Karishma Kapoor, Kareena Kapoor
Kakak ipar: Bharat Sahni (suami Riddhima ini), Saif Ali Khan (suami Kareena)
Paman: Randhir Kapoor, Shashi Kapoor

Film

2007 : Saawariya - Ranbir Raj
2008 : Bachna Ae Haseeno - Raj Sharma
2009 : Luck by Chance - Guest appearance
2009 : Wake Up Sid - Siddharth Mehra (Sid)
2009 : Ajab Prem Ki Ghazab Kahani - Prem Shankar Sharma
2009 : Rocket Singh: Salesman of the Year - Harpreet Singh Bedi
2010 : Raajneeti - Samar Pratap
2010 : Anjaana Anjaani - Akash
2011 : Chillar Party - Special appearance
2011 : Rockstar - Janardan Jhakhar / Jordan
2012 : Barfi! - Murfy
2012 : Yeh Jawani Hai Deewani - Kabir "Bunny" Thapar
2013 : Besharam
2015 : Roy
2015 : Bombay Velvet
2015 : Tamasha
2016 : Ae Dil Hai Mushkil
2017 : Jagga Jasoos
2018 : Sanju
2018 : Bahmastra

No comments:

Post a Comment