11 October 2018

Biodata Lengkap Saif Ali Khan | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Saif Ali Khan -xz pecintaindia.com

Saif Ali Khan
adalah seorang aktor film India, yang menjadi terkenal dengan film 'Dil Chahta Hai'. Meskipun ia telah memainkan berbagai peran dalam produksi profil tinggi serta dengan pembuat film independen, ia telah membuat ceruk untuk dirinya sendiri dalam film-film komedi romantis. Memulai debutnya dengan film 'Parampara' yang gagal, dia kemudian mencapai kesuksesan dengan film-film hit komersial seperti 'Yeh Dillagi', 'Utama Khiladi Tu Anari', dan 'Hum Saath-Saath Hain'. Namun, industri melihat aktor yang matang dan berbakat dalam dirinya di film-film seperti 'Dil Chahta Hai', 'Kal Ho Naa Ho', 'Hum Tum', 'Omkara', dan 'Parineeta', yang membuatnya mendapatkan beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional bergengsi untuk Aktor Terbaik. Salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Bollywood, Saif telah menunjukkan keserbagunaannya dalam film seperti 'Ek Hasina Thi', 'Parineeta', 'Menjadi Cyrus', 'Omkara', dan banyak lainnya. Sebagai orang pribadi ketika media menggambarkannya, Saif tertarik pada banyak hal selain film, dan dikenal untuk berbicara dengan baik tentang topik apa pun — dari filsafat hingga politik dan dari buku ke musik. Berdasarkan penghasilan dan popularitasnya, ia ditampilkan dalam daftar 'Celebrity 100' Forbes India selama lima tahun berturut-turut. Majalah 'Eastern Eye' di Inggris juga menampilkannya dalam daftar 'Orang Terseksi Dunia Asia' selama tiga tahun.

Masa Kecil

Saif Ali Khan lahir pada 16 Agustus 1970, di New Delhi, untuk aktris Sharmila Tagore dan suaminya kriket Mansoor Ali Khan Pataudi, yang merupakan mantan kapten tim kriket India. Dia memiliki dua adik perempuan — Saba dan Soha, yang terakhir menjadi aktris juga.

Ia menghadiri The Lawrence School, Sanawar di Himachal Pradesh, India, selama beberapa tahun, sebelum ia dikirim ke Lockers Park School di Hertfordshire, Inggris, pada usia sembilan tahun.

Setelah lulus dari Winchester College, Inggris, ia kembali ke India. Segera dia mendapat tawaran untuk mencontoh iklan Gwalior Suiting, yang membawanya ke pusat perhatian. Dia juga berperan dalam sebuah film, yang tidak melihat cahaya hari itu, tetapi pasti menanamkan ide dalam pikirannya untuk mengejar karir di film.

Karir

Meskipun Saif Ali Khan sangat tertarik untuk pindah ke Mumbai dan memulai karirnya di industri film, ia awalnya disebut sebagai "arogan" dan "tidak profesional" oleh para direkturnya. Pada tahun 1991, ia berperan sebagai pemeran utama dalam 'Bekhudi', tetapi segera ia digantikan oleh aktor lain karena "tidak profesional" nya.

Pada 1993, sutradara Yash Chopra memasukkannya ke 'Parampara', tapi sayangnya filmnya gagal di box office. Dua film berikutnya - ‘Aashiq Awara’ dan ‘Pehchaan’, keduanya pada tahun 1993, juga terbukti tidak berhasil.

Pada tahun 1994, dengan 'Yeh Dillagi' dan 'Utama Khiladi Tu Anari', Saif memukul mata banteng, dan diakui oleh industri dan media sebagai aktor yang sukses secara komersial.
Dalam empat tahun ke depan, semua 11 filmnya secara kritis dan komersial tidak berhasil. Pada akhir tahun 1990-an, kariernya hampir hancur karena proyek-proyek gagal ini, dan industri serta para kritikus hampir menjadikannya sebagai aktor.

Tahun 1999, bagaimanapun, terbukti menjadi tahun yang sukses baginya, ketika prospek karirnya mulai membaik. Sementara 'Yeh Hai Mumbai Meri Jaan' dan 'Aarzoo' meraih sedikit kesuksesan, 'Kachche Dhaage' adalah sukses komersial besar pertamanya setelah 'Utama Khiladi ...' Tahun ini ditutup dengan 'Hum Saath-Saath Hain', yang terbukti menjadi miliknya "peningkat semangat".

Filmnya ‘Kya Kehna’ pada tahun 2000 menjadi hit. Dia memainkan peran negatif dalam film, yang oleh para kritikus disebut sebagai sisi "cerah dan terang" dari film.

Pada tahun 2001, dramanya yang luar biasa 'Dil Chahta Hai' terbukti menjadi terobosan dalam karirnya. Kritikus memuji dia sebagai aktor yang matang dan berbakat. Film ini menerima Penghargaan Film Nasional untuk Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi.
Film romantis 2003 'Kal Ho Naa Ho' ditandai sebagai film "landmark" -nya. Itu adalah film yang sukses secara global, dan kinerja Saif diakui secara kritis.

Pada tahun 2004, ia memiliki film hit lain untuk kreditnya - 'HUM Tum' — di mana ia menunjukkan keahliannya dengan memberikan kinerja yang matang dan bernuansa. Untuk menghindari typecast sebagai aktor romantis, ia mengambil peran negatif dalam film thriller ‘Ek Hasina Thi’.

Pada tahun 2005, perannya di 'Parineeta' mendapatkan pujian kritis. Kritikus menulis bahwa ia telah secara bertahap membuktikan dirinya sebagai aktor dengan substansi. Pada tahun yang sama, ia ditampilkan di ‘Salaam Namaste’, yang merupakan film hit di seluruh dunia.

Perannya sebagai protagonis dalam film seni 'Being Cyrus' pada tahun 2006, mengumpulkan pujian yang tinggi untuknya. Penggambarannya sebagai 'Langda' Tyagi dalam film ‘Omkara’ pada tahun yang sama bertepuk tangan sebagai “luar biasa”.

Pada tahun 2007, ia muncul di film epik ‘Eklavya: The Royal Guard’, yang terpilih sebagai entri resmi India untuk Oscar. Dengan peran ini, pertumbuhan Saif sebagai aktor diakui sekali lagi

Dia merasakan sukses besar dengan thriller 2008 'Race', yang merupakan salah satu hits terbesar di seluruh dunia. Dia dipuji karena membuat kesan terbaik dengan dialog yang paling sedikit.

Pada tahun 2009, ia mendirikan rumah produksi 'Illuminati Films' dengan produser Dinesh Vijan. Produksi pertamanya adalah ‘Love Aaj Kal’, dengan Saif memimpin. Itu adalah sukses komersial dan kritis yang besar. Dia memainkan peran sebagai teroris di 'Kurbaan', yang tidak berjalan baik secara komersial meskipun kinerja Saif sangat dihargai.

Film kontroversial ‘Aarakshan’ pada tahun 2011, di mana ia memainkan peran seorang mahasiswa yang memberontak, membuatnya mendapatkan pujian kritis. Pada tahun 2012, ia memproduksi filmnya ‘Agen Vinod’, yang tidak tampil baik di box office. Produksi berikutnya, 'Cocktail', membintangi dirinya sendiri, adalah kesuksesan finansial.

Dengan beberapa film yang gagal dalam periode 2012-15, dan absen selama setahun di dunia akting pada tahun 2016, ia menerima peran negatif di ‘Rangoon’ pada tahun 2017. Meskipun film itu tidak diterima dengan baik, penampilannya dipuji.

Pada 2017, penampilannya di 'Chef' mendapat ulasan positif meskipun film itu terbukti menjadi bencana. Hingga November 2017, ia memiliki empat film di berbagai tahap produksi. Ketika dia telah menyelesaikan syuting 'Kaalakaandi', dia saat ini sedang syuting untuk 'Baazaar', dan 'Pertandingan Suci'. Dia juga akan menggambarkan seorang pejuang Afghan di 'Soorma'.

Karya

Penampilan Saif Ali Khan di ‘Dil Chahta Hai’ dipuji sebagai "luar biasa" dan dipuji sebagai penampilan terbaiknya hingga saat itu. Dalam ‘Kal Ho Naa Ho’, ia digambarkan sebagai "alami" dan "sangat menawan".

Sementara kritikus percaya bahwa peran negatifnya dalam 'Ek Hasina Thi' adalah "pencapaian prestasi", kemampuan aktingnya yang kuat dalam film 'Being Cyrus' mengejutkan para kritikus, yang memuji dia karena menjadi “aktor yang matang”.

Karya

Pada tahun 1993, Saif Ali Khan meraih Filmfare Award untuk Debut Pria Terbaik untuk penampilannya di 'Aashiq Awara'. Dia juga mengambil nominasi Aktor Pendukung Filmfare Terbaik untuk 'Utama Khiladi Tu Anari' pada tahun 1995.

Pada tahun 1999, ‘Kachche Dhaage’ membuatnya mendapatkan nominasi Aktor Pendukung Filmfare Terbaik. ‘Dil Chahta Hai’ pada tahun 2001, membuatnya mendapatkan Penghargaan Filmfare untuk Kinerja Terbaik dalam Peran Komik. Dia juga menerima Star Screen, Zee Cine dan penghargaan International Indian Academy untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Pada tahun 2003, ‘Kal Ho Naa Ho’ memberinya beberapa penghargaan termasuk Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik. Untuk 'Hum Tum', ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Kinerja Terbaik dalam Peran Komik pada tahun 2005 dan juga diberi Penghargaan Film Nasional untuk Aktor Terbaik.

Untuk perannya di ‘Omkara’ pada tahun 2006, ia memenangkan penghargaan Filmfare, Star Screen, Zee Cine, dan IIFA untuk Penampilan Terbaik dalam Peran Negatif di tahun 2007.

Penghargaan

Saif Ali Khan menikahi aktris Amrita Singh pada Oktober 1991, dan putri mereka Sara lahir pada tahun 1993 dan putra Ibrahim pada tahun 2001. Pasangan itu berpisah pada tahun 2004. Pada tahun yang sama, ia mulai berkencan dengan model Rosa Catalano, tetapi mereka berpisah setelah tiga tahun.

Saif dinobatkan sebagai Nawab of Pataudi yang kesepuluh pada tahun 2011.

Dia menikah dengan aktris Kareena Kapoor pada 16 Oktober 2012 setelah beberapa tahun pacaran. Hubungan profil tinggi mereka dan pernikahan berikutnya menerima banyak perhatian media. Anak mereka Taimur lahir pada 20 Desember 2016.

Keluarga

Ayah Nama: Mansoor Ali Khan Pataudi
Ibu Nama: Sharmila Tagore
Saudara: Saba Ali Khan dan Soha Ali Khan
Kakek: Iftikhar Ali Khan
Anak-anak: Sara Ali Khan dan Ibrahim Ali Khan

Film

Kaalakandi (2018)
Chef (2017)
Dolly Ki Doli (2015)
Phantom (2015)
Happy Ending (2014)
Humshakals (2014)
Bullett Raja (2013)
Go Goa Gone (2013)
Race 2 (2013)
Agent Vinod (2012)
Cocktail (2012)
Aarakshan (2011)
Kurbaan (2009)
Love Aaj Kal (2009)
Sanam Teri Kasam (2009)
Bhootnath (2008)
Race (2008)
Tashan (2008)
Thoda Pyaar Thoda Magic (2008)
Woodstock Villa (2008)
Eklavya (2007)
Nehlle Pe Dehlla (2007)
No Smoking (2007)
Ta Ra Rum Pum (2007)
Being Cyrus (2006)
Omkara (2006)
Parineeta (2005)
Salaam Namaste (2005)
Ek Hasina Thi (2004)
Hum Tum (2004)
Darna Mana Hai (2003)
Kal Ho Naa Ho (2003)
LOC (2003)
Na Tum Jaano Na Hum (2002)
Dil Chahta Hai (2001)
Love Ke Liye Kuch Bhi Karega (2001)
Rehnaa Hai Terre Dil Mein (2001)
Kya Kehna (2000)
Premanuragam (2000)
Yeh Pyaar Hi To Hai (2000)
Biwi No. 1 (1999)
Hum Saath Saath Hain (1999)
Kachche Dhaage (1999)
Yeh Hai Mumbai Meri Jaan (1999)
Humse Badhkar Kaun (1998)
Keemat (1998)
Hamesha (1997)
Udaan (1997)
Bambai Ka Babu (1996)
Dil Tera Diwana (1996)
Ek Tha Raja (1996)
Tu Chor Main Sipahi (1996)
Surakshaa (1995)
Aao Pyaar Karen (1994)
Imtihaan (1994)
Main Khiladi Tu Anari (1994)
Yaar Gaddar (1994)
Yeh Dillagi (1994)
Aashiq Awara (1993)
Parampara (1993)
Pehchaan (1993)
Aarzoo (1992)                                                                                                                                           

No comments:

Post a Comment