11 October 2018

Biodata Lengkap Shahid Kapoor | Agama, Pasangan, Film, Awards, dan Lainnya

Shahid Kapoor @ pecintaindia.com

Shahid Kapoor adalah seorang aktor film India, yang dikenal sebagai bocah coklat Bollywood. Seiring dengan beberapa penampilan video musik dan kampanye iklan, ia memiliki filmografi yang luas yang mencakup beberapa pertunjukan spektakulernya dalam film seperti 'Haider', 'Kaminey', 'Jab We Bertemu' dan 'Udta Punjab'. Dari menjadi penari latar dalam film seperti ‘Dil to Pagal Hai’ dan ‘Taal’ untuk menguasai industri film, Shahid telah menempuh perjalanan panjang. Bahkan, ia saat ini adalah salah satu aktor yang paling dicari di Bollywood. Sebagai seorang aktor, ia dikenal karena keserbagunaannya dan kemampuannya yang luar biasa untuk melakukan berbagai peran dengan presisi. Kapoor memiliki karir film yang berfluktuasi tetapi ia tetap menjadi salah satu bintang film paling populer di India. Dia telah menerima tiga Penghargaan Filmfare untuk upayanya. Selain bertindak, Shahid telah menyelenggarakan upacara penghargaan, dan telah muncul sebagai hakim pada reality show tari 'Jhalak Dikhhla Jaa Reloaded'.

Masa Kecil

Shahid Kapoor lahir Shahid Khattar pada 25 Februari 1981 di Delhi. Dia adalah putra dari aktor veteran, Pankaj Kapur dan Neelima Azeem.

Dia memiliki dua saudara laki-laki, Ishaan Khattar dan Ruhaan Kapoor dan satu saudara perempuan, Sarah Kapoor. Ketika Shahid berusia tiga tahun, orang tuanya berpisah, dan Shahid tinggal bersama Neelima.

Ia belajar di Sekolah Gyan Bharati sampai kelas 4, sebelum ia dipindahkan ke Rajhans Vidyalaya di Mumbai, di mana ia pindah untuk tinggal bersama ibu tirinya, Supriya Pathak. Dia mengembangkan gairah untuk menari di usia yang sangat muda.

Diperkuat oleh hasratnya, Shahid bergabung dengan Shiamak Davar Institute of Performing Arts (SDIPA). Ia menikmati ketenaran di usia muda ketika ia tampil dalam video lagu Aryan band, ‘Aankhon Mein Tera hi chehra’.

Posting rilis video, Shahid mengembangkan minat dalam berakting. Dia tampil sebagai penari latar di 'Taal' & ‘Dil to Pagal Hai’. Kemudian, dia melakukan beberapa iklan untuk merek seperti Pepsi, setelah terlihat dalam audisi.

Karir

Penampilan layar pertama Shahid adalah iklan untuk minuman kesehatan ketika dia berusia 11 tahun. Bertahun-tahun kemudian, ia muncul dalam iklan Pepsi dengan Shahrukh Khan, Rani Mukherjee, dan Kajol.

Dia mendapat perhatian untuk pertama kalinya ketika dia membuat video musik untuk band, Aryans. Tetapi bahkan setelah itu, Shahid menghadapi penolakan karena strukturnya yang ramping dan penampilan kekanak-kanakan.

Shahid melakukan debut aktingnya pada tahun 2003 dengan film 'Ishq Vishk' dan memenangkan Filmfare Award di bawah kategori 'Best Male Debut' untuk penampilannya. Setelah rilis film, Shahid menjadi kekasih cokelat kota perada. Dalam banyak kejadian, tingkah lakunya sebagai seorang aktor bahkan dibandingkan dengan King of Romance, Shahrukh Khan.

Dari 2003 hingga 2006, hampir semua filmnya dibom di box office. Setelah kegagalan film seperti ‘Dil Maange More’, ‘Waah Life ho to Aisi’ dan ‘Fida’, Shahid dipandang sebagai satu keajaiban film.

Dia bangkit kembali dengan dua hits back-to-back, 'Vivah' dan 'Jab We Bertemu' masing-masing pada tahun 2006 dan 2007. Kedua film itu memberinya penghargaan dan nominasi. Selama periode ini, Shahid mengambil peran yang kuat dan lucu dalam upaya untuk memecahkan citra anak laki-laki coklatnya.

Pada tahun 2009, dia terlihat di film Vishal Bhardwaj 'Kaminey'. Shahid mengejutkan para kritikus dengan perannya yang tidak biasa dalam film itu. Penampilannya dianggap sebagai yang terbaik hingga saat ini.
Dia dipasangkan dengan Sonam Kapoor dalam debut sutradara Pankaj Kapoor, 'Mausam'. Film itu jatuh di box-office. Sekali lagi, ketenarannya yang dia dapatkan setelah 'Kaminey', mulai memudar.

Vishal Bharadwaj kemudian memberikannya salah satu film paling penting dalam karirnya. Mereka berdua berkolaborasi lagi di film ‘Haider’ 2011, adaptasi brilian dari ‘Hamlet’ Shakespeare. Kemampuan Vishal untuk mengeluarkan yang terbaik dari para aktornya mendukung Shahid.

Pada 2016 muncullah film paling kontroversial dalam karirnya, ‘Udta Punjab’. Berada di berita untuk semua alasan yang salah, film ini awalnya dilarang karena konten kekerasan dan kasarnya. Film itu juga menjadi berita karena secara luas ditampilkan konsumsi narkoba di berbagai bagian Punjab.

Setelah semua keributan, film ini mencapai penonton, dan meskipun Alia Bhatt mem-Abaikan dia di film, Shahid adalah memperlakukan untuk menonton sebagai rockstar pecandu obat sinis.

Shahid Kapoor akan dilihat sebagai Rana of Mewar, Raja Rawal Ratan Singh dalam film mendatang Bhansali, 'Padmavati'. Film ini juga dibintangi Deepika Padukone dan Ranveer Singh.

Penghargaan

Filmfare Award (2004) - Shahid memenangkan penghargaan pertamanya di bawah kategori Best Male Debut untuk 'Ishq Vishk'.

IIFA Award (2008) - Ia menerima penghargaan Aktor Terbaik untuk 'Jab We Bertemu'.

Rajiv Gandhi Award (2009) - Shahid mendapat penghargaan bergengsi ini atas karyanya yang luar biasa di 'Kaminey'.

Filmfare Best Actor Award (2015) - Untuk ‘Haider’, Shahid memenangkan penghargaan Aktor Terbaik.

Film

Ishq Vishk (2003)
Dil Maange More (2004)
36 China Town (2006)
Chup Chup Ke (2006)
Vivah (2006)
Jab We Met (2007)
Kaminey (2009)
Badmaash Company (2010)
R... Rajkumar (2013)
Haider(2014)
Shaandaar (2015)
Udta Punjab (2016)
Rangoon (2017)
Padmavaat (2018)

No comments:

Post a Comment